Senin, 31 Januari 2011

PESONA SHADUALI INDAH


Paroma Puncak Shaduali memang tidak ada duanya karena dari puncak ini kita bisa menikmati pemandangan 360 derajat, kita bisa nikmat padi yang menguning, keindahan kota batusangkar diwaktu malam, istano basa pagaruyung, banyak lagi panorama yang bisa dinikmati di puncak shaduali.
Bukit yang terletak 3 km dari pusat kota Batusangkar ini merupakan tujuan kunjungan dari masyarakat baik disekitar kota batusangkar maupun dari luar daerah, ditambah lagi letaknya yang strategis dan tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota batusangkar dengan danau ombilin.
Kalau kita di puncak shaduali yang indah terasa disuatu tempat yang tak mungkin ada di tempat lain, dipuncak shaduali seluruh pandangan mata tiada yang menghambat kemanapun kita berpaling tuk menikmati keindahan ciptaan tuhan.


Kalau berkunjung ke Sumatera Barat belumlah lengkap, jika tak singgah dulu di Shaduali.  Daerah yang dijuluki Luhak Nan Tuo, Tanah Datar memang banyak menyimpan objek wisata bersejarah disamping objek wisata alam lainnya yang senantiasa membuat para wisatawan enggan untuk beranjak.


 
Bukik Shaduali Indah dahulunya merupakan ajang berburu bagi para pecandu buru babi Sumbar, Riau dan Jambi. Tetapi, sesejak beberapa tahun terakhir ini shaduali  menjadi tujuan kunjungan kaula muda dan tua untuk menikmati indahnya sore hari maupun dipagi hari,  bahkan para guru lebih cendrung mengajak anak didik berjalan kaki ke objek wisata tersebut. Walau jalan menuju lokasi sedikit mendaki dan berbelok-belok, namun kelelahan dan kecapekan seakan-akan terobati oleh keindahan panorama Puncak Shaduali.


Sebelumnya para wisatawan jika  ke kabupaten Tanah Datar hanya mengenal objek wisata Panorama Tabek Patah dan Puncak Pato, karena kedua objek wisata ini memang mempunyai pesona tersendiri. Namun, Bukik Shaduali Indah jauh lebih indah dan mengasyikkan dari kedua objek wisata, ditambah lagi dekat dari pusat kota.


Indahnya pesona Shaduali menjadi inspirasi bagi mantan wakil bupati Aulizul Syuib yang menuangkannya dalam bait-bait puisi
PESONA SHADUALI
 Oleh : Aulizul Syuib

SHADUALI,
Disubuhmu, gema wahyu
Dan kumandang Adzan
Bersih dan Jernih di telinga
Membangun dari tidur yang lelap
Fajar datang membawa keberkatan

SHADUALI,
Matahari pagimu sungguh ceria
Kedatanganmu menyinari bumi
Ditunggu pasangan mata
Syukur, dan kekaguman
Ciptaan Penguasa Alam
Tua Muda berjalan, menggerakan badannya
Dalam udara segar hijau dedaunan
Senda gurau dan gelak tawa

SHADUALI,
Siangmu cerah tampak jauh
Rangkaian potret indah melingkar
Potret nyata ranah Minangkabau
Sejarah dan legenda
Perkampungan bagai diujung kakiku
Lima Gunung dihadapkan
Hamparan sawah dan perkampungan
Masa kecil penuh kenangan

SHADUALI,
Sore dan sunsetmu menakjubkan
Diudara yang mulai sejuk
Kumpulan burung terbang indah
Menuju Malam
Dalam jutaan warna pelangi
Mengelilingi matahari keperaduan

SHADUALI,
Malammu kerdipan lampu sekeliling
Berpusat kemilau kota budaya
Bulan dan bintang dikepalaku
Secangkir kopi panas menemani
Kedamaian dipelukan
Pesona Shaduali

Tenyata Pesona Shaduali memang tiada duanya, datang dan berkunjung nikmatilah pesona shaduali (Humas/Irfan F)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar